NEWS
DETAILS
Sabtu, 22 Jun 2024 08:11 - Honda Community Jawa Timur

Members komunitas CB150X Adventure Indonesia chapter Surabaya (CB150X Adv Id Surabaya) Ismail atau biasa dipanggil Smile dan Stanley saat ini sedang dalam riding ke Nusa Tenggara Timur dan Timur Leste. Dalam acara Explore Timur, dua members CB150X Adv Id Surabaya ini ditemani CB150X kesayangan. 

Riding yang dilakukan Smile dan Stanley members CB150X Adv Id Surabaya ini menarik beberapa pecinta turing untuk turut serta Ari Bracket atau Ari Pebrianto pengguna Honda ADV 160 dari Bekasi (Kombo Bekasi Raya) dan Deni pengguna Honda ADV 160 dari Bali.. 

Berikut sebagian perjalanan awal dari Explore Timur yang diceritakan Smile. 

 #DAY 1 - 2

Bingung mau kemana, Mumpung lagi cuti kerja tahunan. Akhirnya saya putuskan buat mencari kitab suci ke Timur.

Niatnya mau Solo Turing lagi.., Berhubung teman-teman pada mau ikutan, jadinya kita gas rame-ramw

Kami start dari Surabaya jam 21.00 WIB & Cek point' pertama SPBU Utama Raya Probolinggo.

Cek Point kedua di Bali, tepatnya di Masden Motocase. 

Kami sampai di Masden Motocase sekitar jam 11.30 WIB dan kita numpang istirahat sebentar. 

Malam harinya kita lanjut gas pelabuhan Padang bay - Lembar. 

Sebelum lanjut ke pelabuhan Padang Bay, kita pesen tiket kapal melalui Ferizy. Dan di aplikasi di tuliskan jam pemesanan terakhir jam 22.30 WITA & nyampek pelabuhan Lembar Lombok jam 04.00. WITA lanjutlah kita ke Mandalika.

Buat teman-teman yang hendak menyebrang Banyuwangi, Bali,Lombok, jangan lupa dowload Aplikasi Ferizy ya.

Untuk harga tiket kapal : 

(1 Motor + 1 Orang)

>Ketapang - Gilimanuk = Rp.31.600

>Padang Bay - Lembar = Rp.169.400

 

# DAY 3 

Malam ini kami stay di Kota Bima di Hotel King's Garden, buat melanjutkan perjalan besok pagi ke Sape.

Kami start dari sembalun pagi jam 7.30 WITA menuju pelabuhan Kayangan. dari Sembalun ke Pelabuhan sekitar 1 jam 20 menit. 

Untuk pemesanan tiket kapalnya sendiri, sekarang semua sudah memakai sistem online. Perjalanan kapalnya -/+ 2.jam dari pelabuhan Kayangan - Pelabuhan Pototano.

Buat teman-teman yang hendak Explore Timur, jangan memakai jaket terlalu tebal.. karena cuacanya panas bingit

Harga Tiket Kapal Online dari Lombok - Sumbawa / Khayangan - Pototano Rp.75.000 dan harus pesen di Aplikasi Ferizy.

# DAY #4 

Tak terasa sudah hari ke 4, pagi jam 7.30 WITA kami berempat start dari hotel King's Garden menuju Titik 0 Sape dan Pelabuhan Sape. Perjalanan dari hotel King's Garden Bima ke Pelabuhan -/+ 1.jam 20.menit. 

Setiba dipelabuhan jam 09.00 WITA, tak lupa kita sempatkan foto-foto dulu di Titik 0 Sape sambil nunggu kapal datang. Setelah foto-foto selesai, kemudian kita lanjut ke pelabuhan. Jarak Titik 0 Sape ke Pelabuhan -/+600.meter.

Perjalanan dari Sape - Bajo -/+ 6-7.jam. karena layarnya agak lama kita putuskan sewa kamar ABK Rp.450.000. 

Kapal berlayar dari Sape - Bajo sekitar jam 10.30 WITA dan sampai Bajo jam 17.00 WITA

Setelah turun dari kapal, kita langsung cari hotel dan menginap di Hotel Pantai Pede labuan Bajo buat beri istirahat. Besok pagi kita lanjut lagi riding ke Bajawa.

Harga Tiket Kapal Online dari Sape - Bajo Rp.250.000 (Orang + Motor CC 150) dan harus pesen di Aplikasi Ferizy.

 

# Day 5 & 6 

Ternyata cuaca di NTT kurang bersahabat, gak seperti cuaca di NTB. Mulai start dari Labuan Bajo sampai Bajawa kami di guyur hujan terus sampai badan meriang

Sesampai di kota Bajawa, kita langsung cari hotel buat beristirahat.Kota Bajawa ini dikelilingi pegunungan sehingga suhunya sangat dingin. 

Paginya kita lanjut lagi ke Ende buat mengambil Jersey Tikungan Flores ke Bang Katib. Kemudian kami lanjut lagi ke Danau Kelimutu.

Sesampai digerbang loket, ternyata danau Kelimutu tutup dan semantara hanya buka jam 6.00 - 10.00 pagi Karna bau belerang naik.

Kemudian kami putuskan malam ini buat menginap di Losmen dekat loket pintu masuk dan besok pagi lanjut ke danau Kelimutu.

 

# Day 7 & 8 

Bruurrr.. 

Menginap di Kelimutu dinginnya hampir sama seperti di Dieng. Aslinya itinerary perjalan timur yang saya buat tidak ada jadwal menginap di Kelimutu dan tujuan kita hanya mampir wisata sebentar.

Karena bau belerang naik, pemerintah setempat dan pengelola, memberi instruksi bahwa gunung kelimutu sementara buka jam 06.00 - 10.00. karna kami datangnya jam 15.00 sore, jadi kami putuskan menginap.

Pagi kita sudah start dari gerbang pintu masuk dan ke pintu loket, 

>Tiket masuk orang Rp.7.500 

>Tiket masuk motor Rp.5.000 

Setelah itu kita lanjut gass jalan kaki ke puncak Kelimutu dan berharap dapat View Danau. 

Setelah naik sampai puncak, ternyata tidak bisa melihat ke bawah karena kabut tebal

Setelah nunggu sampai jam 10'an lebih gak ada perubahan, akhirnya kita putuskan buat turun dan melanjutkan perjalanan ke Larantuka. 

Karena hotel dan tiket kapal sudah di bantu bookingkan oleh pak Eko, jadi kita jalan Santai menuju Larantuka. 

Hotelnya yang kita tempati menginap di Larantuka bersih dan murah juga rekomended banget buat temen Bikers yang mau rest sambil nunggu kapal penyeberangan ke Kupang, namanya Hotel Lestari. 

Akhirnya tiba juga saatnya kita melanjutkan menyebrang ke Kupang. Karena tiket sudah aman dan sudah di bantu Booking oleh pak Eko dengan VIP, kami putuskan ke 0.KM Flores dulu sebelum menyeberang ke Kupang. 

Setelah dari 0.KM Flores, kita gasspoll menuju pelabuhan dan sudah di tunggu sama pak Eko. 

info buat teman2 yg hendak menyebrang dari LARANTUKA - KUPANG : 

Jadwal kapal hanya hari SENIN & JUMAT 

Tiket kapal : 

>Motor + Orang = 425.000 

>VIP = 157.000 

 

#Day 9 & 10

Akhirnya kapal sandar juga.. kapal sandar di pelabuhan Kupang sekitar jam 04.00 WITA. Setelah turun dari kapal, kami numpang klesetan terlebih dahulu di depan lobby, karena jam cek in kami masih jam 14.00 

Karena menunggu lama, kami putuskan mencari Loundre & cuci motor dulu dan janjian ketemu sama Om Fuad buat dibantu urus perlengkapan dokumentasi masuk ke Timor Leste. 

Tibalah saatnya kita meluncur ke Atambua cek point' sebelum masuk ke Timor Leste. Dengan jalur gunung dan pesisir pantai yang bagus banget, Pantai Oetune, Pantai Kolbano.

Sesampainya di kota Atambua, kita istirahat sejenak dan bermalam di Hotel Alam Subur buat melanjutkan perjalanan besok ke Timor Leste.

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK