NEWS
DETAILS
Senin, 21 Sep 2020 11:51 - Honda Community Jawa Timur

Kondisi saat ini telah terjadi perubahan dimana perilaku orang semakin lekat dengan digitalisasi atau virtual.  Pengguna internet mengalami peningatan yang tajam, terlebih di masa pandemi.

Banyak aktivitas yang dilakukan masyarakat secara online atau daring. Tak terkecuali para bikers,  klub dan komunitas, aktivitas yang dilakukan juga banyak yang online atau daring.

Kegiatan daring atau online ini seperti e-learning, virtual conference, live maupun video untuk medsos.

Guna mendukung kelancaran dalam aktivitas bikers, klub, paguyuban ini,  MPM Honda Jatim selaku distributor motor Honda Jatim melalui Community Development MPM Honda Jatim menggelar Webinar Honda Community Public Speaking. Event yang dilakukan online dengan live melalui zoom pada Minggu 20 September 2020 mulai pukul 12.00-15.00 WIB.

Tema Berbicara di depan kamera dengan percaya diri diangkat di Webinar Honda Community Public Speaking. Misidianto dari Community Development MPM Honda Jatim sebagi Host dengan nara sumber Yahuda Eko Kristiyanto atau akrab disapa Yuda MPM Learning & Development Dept MPM Honda Jatim.

Peserta di Webinar Honda Community Public Speaking ini adalah perwakilan para pengurus daerah (pengda) dan pengurus paguyuban dibawah Honda Community Jatim. Dimana  tiap pengda dan paguyuban diwakili 2 orang.

Di  Webinar Honda Community Public Speaking, Berbicara di depan kamera dengan percaya diri ini pemateri memberikan tips berbicara di depan kamera sesuai teori public speaking yang baik.

“Dalam online terlebih untuk live video, host atau pembawa acara maupun pemateri meski menarik. Public speaking perlu dikuasai agar pesannya sampai dan mudah dipahami peserta,” kata Yahuda.

Public Speaking perludikuasai karena konten yang menarik apabila tidak disampaikan dengan cara yang menarik maka hasilnya tidak menarik. Namun konten yang kurang menarik, dengan penyampaian menarik hasilnya menjadi menakjubkan.

Maka itu pemateri dan host dalam live penting menjalankan public speaking yang baik :

- Pemateri dan host atau pembawa acara harus tampil menarik. Tampil nyaman dan menyesuaikan profil audience biar menambah percaya diri dan audience juga merasa nyaman dan cocok. Contoh kalau sasaran audience anak remaja, komunitas BeAT, pakaian host da pemateri bisa casual sesuai anak muda.

-Tampil menarik adalah tampil penuh dengan percaya diri walaupun secara virtual di depan kamera dengan maksimal (zoom, ig live, fb live, youtube)

-Kunci tampil menarik :  Konten jelas utamakan tips, bangun kredibilitas, fokus yang dibutuhkan audience, flexible menyesuaikan diri, terampil, bangun komunikasi, bangun suasana gembira

-Kuasai PAKE:

1. Persiapan (prepare) => tools yang digunakan, perlengkapan, pakaian/ penampilan/ busana nyaman sesuai dengan karakter yang akan dibangun, lokasi take/ ruangan yang clear sehingga minim ganggauan, pencahayaan

2. Aksi (action) => mata tertuju kamera, voice power, gesture, posture, ekspresi (smile), terampil menggunakan tools yang digunakan (ig, zoom dll), interaksi/ komunikasi dengan audience yang fun.

3. Konteks => poinnya sebagai pembicara mesti SMART, cekatan bila ada problem misalnya koneksi down bisa backup, manage para audience supaya tidak bosen dan buat fun dengan gimmick-gimick tersebut, manage waktu yang tersedia dengan penyesuaian konten, tetap antusias dan percaya diri, bertanggung jawab pada konten yang targetnya adalah mengajak orang untuk action

4. Evaluasi => latihan, latihan, latihan... buat persiapan sebaik mungkin, bila gagal coba lagi

 

 

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK