NEWS
DETAILS
Senin, 11 May 2020 11:30 - Honda Community Jawa Timur

Penting, Itulah danger prediction.

Danger prediction ini menjadi tema pada  Kopling(Kumpul Ngobrol Lingkup Safety Riding) yang dihajat PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor motor Honda Jatim dan NTT   Minggu 10 Mei 2020 live di instagram@mpmhondajatim mulai pukul 15.00 WIB hingga 16.00 WIB. Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim Cak Dimas Satria sebagai nara sumbernya.

Cak Dimas pada program Kopling ini menjelaskan pentingnya danger prediction. Para bikers dan pengguna jalan harus bisa menganalisa bahaya yang ada di jalan untuk bisa mengambil keputusan yang tepat guna #Cari_Aman.

Nara sumber mencontohkan beberapa hal diantaranya seperti ketika di depan ada orang menyeberang. Pemakai jalan harus tahu apa yang harus dilakukan supaya aman untuk menghadapi situasi seperti ini.

Dari mengurangi kecepatan hingga berhenti untuk memberi kesempatan orang menyeberang jalan.

Kaitannya dengan ‘Danger Prediction’ ini pandangan mata penting jauh ke depan dan selalu memantau kondisi sekitar ketika berkendara. Dengan pandangan jauh ke depan, maka mata bisa mendapat banyak informasi kondisi yang terjadi di depan.

Mata akan memberikan info ke otak untuk berpikir dan memutuskan langkah yang tepat yang meski diambil supaya aman. Otak memerintahkan tangan dan kaki serta badan untuk mengendalikan motor yang tepat untuk mendapatkan aman.

Dari danger predition ini juga penting untuk menjaga jarak. Dengan menjaga jarak yang aman dengan pemakai jalan lainnya, maka kesempatan untuk melakukan tindakan yang tepat guna aman bisa dilakukan.

Beda dengan jarak yang mepet. Tak ada kesempatan untuk menghindar atau melakukan langkah antisipasi.

Tema ‘Danger Predction’ di Kopling ini memikat banyak audience untuk mengikuti dan bertanya. Banyak pertanyaan melalui pesan yang disampaikan ke nara sumber.

Diantaranya pertanyan tentang menghadapi pemakai jalan yang sein kiri belok kanan. Cak Dimas memberikan jawaban supaya pemakai jalan di belakangnya selalu menjaga jarak aman dan mengamati gerak geriknya. Bila ingin mendahului bisa dengan memberikan isyarat dengan di klakson. Saat kondisi benar-benar aman baru menyalipnya.

Keterbatasan waktu membuat beberapa pertanyaan yang dipilih dan dijawab. Pertanyaan yang masuk ini selanjutnya diundi untuk mendapatkan hadiah 1 buah helm dan jaket bagi yang beruntung.

 

RELATED
NEWS