NEWS
DETAILS
Selasa, 21 Nov 2023 13:36 - Honda Community Jawa Timur

#Cari_aman Riding Saat Hujan, Cek Kondisi Ban Motor Dulu.

 

Sidoarjo, Memasuki musim hujan seperti saat ini, jalanan menjadi licin dari biasanya, oleh karena itu riding saat hujan deras sebaiknya para bikers cek kondisi ban motor agar #Cari_aman saat berkendara di jalan. 

 

Ada baiknya bikers cek kondisi ban motor , apakah masih layak dipakai saat hujan atau tidak.

 

Beberpa hal ini perlu diperhatikan jika ingin mengetahui kondisi ban sebelum melakukan riding.

 

Mengetahui kondisi ban cukup mudah dan bisa dilihat dengan membaca kode-kode yang ada di samping ban.

 

Pilihlah ban yang memiliki banyak ulir, ulir yang berperan memecah genangan air pada kecepatan sedang sampai tinggi.

 

Sebenarnya ban motor bawaan dari pabrik sudah cukup mumpuni untuk digunakan di segala kondisi jalanan baik dalam kondisi trek basah atau hujan.

 

Jangan menggunakan ban yang bertapak kecil, penggunaan ban bertapak kecil saat musim hujan sangat tidak direkomendasikan karena dapat membuat motor menjadi rentan tergelincir.

 

Sebaiknya menggunakan motor dengan size ban dan velg sepeda motor yang sudah di upgrade ke size lebih lebar atau yang biasa dikenal tapak lebar seperti pada All New Hobda Vario 160 yang menggunakan velg dan ban tapak lebar. 

 

"Dengan ukuran ban yang lebih lebar inilah membuat daya cengkram ban ke aspal jadi lebih baik sehingga pengguna semakin nyaman saat berkendara." kata Dimas Satria Kelana, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

Sesuaikan tekanan angin ban, tekanan angin ban yang terlalu tinggi tekanan anginnya akan membuatnya tidak dapat mencengkeram jalanan dengan kuat.

 

Dalam kondisi trek basah maupun trek kering, dianjurkan untuk tetap berkendara dalam batas kecepatan aman dan tidak ngebut.

"Kenyamanan dan keamanan serta menerapkan #Cari_Aman saat berkendara menggunakan sepeda motor itulah hal yang paling utama."tambah Dimas.

 

 

RELATED
NEWS