NEWS
DETAILS
Rabu, 05 Oct 2022 15:24 - Honda Community Jawa Timur

Intensitas hujan beberapa hari terakhir tinggi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprakirakan musim hujan di sejumlah wilayah Jawa Timur (Jatim) akan memasuki musim hujan lebih awal, yakni di bulan September. Untuk puncak Musim Hujan 2022/2023 diprakirakan terjadi pada bulan Desember 2022 hingga Februari 2023.

Bagi pengendara motor yang setiap harinya beraktivitas dengan mengendarai motor agar lebih waspada dan mempersiapkan diri dan juga motornya.  Termasuk para bikers anggota komunitas dan klub motor, perlu mempersiapkan motor dan diri hadapi penghujan ini supaya  #Cari_Aman di jalan.

Salah satu bagian motor yang tidak boleh luput dari pemeriksaan sebelum berkendara adalah ban. Bukan hanya soal tekanan angin, tapi juga jenis ban. Pemakaian ban yang tidak sesuai, berisiko menimbulkan selip ketika berkendara.

Technical Service Division Head MPM Honda Jatim, M Bondan Priyoadi memberikan tips hal yang harus diperhatikan saat melakukan pengecekan pada ban motor.

Pertama, perhatikan alur ban, apakah masih tebal atau tidak. Biasanya pengecekan fisik dilakukan untuk mengetahui apakah alur ban masih bagus atau sudah halus sehingga perlu diganti. Semakin halus alur ban akan semakin berbahaya untuk digunakan. Ban yang alus akan mengakibatkan daya cengkram akan berkurang dengan drastis sehingga perlu mengganti ban dengan yang baru.

Selanjutnya cek tekanan ban. Sangat penting bagi pengendara melakukan hal ini sebelum berkendara. Jika tekanan ban tidak sesuai dengan standar, tentunya akan menyebabkan beberapa hal negatif.

“Pastikan tekanan anginnya jangan terlalu tinggi. Tetap disesuaikan dengan standard yang ditetapkan  yaitu  ban depan 29 Psi dan ban belakang  31 Psi. Jika tekanan ban terlalu tinggi maka area kontak ban dengan permukaan ban jalan menjadi kecil.” kata Bondan.

Pilih ban motor yang tepat dan bisa dipakai untuk berkendara di musim hujan seperti memilih ban dengan Kembangan atau motif rapat, ban yang memiliki teknologi silica, atau malah ban standar.

“Jangan lupa untuk selalu cek kondisi motor sebelum berkendara, terutama di musim hujan dan pandemi seperti sekarang ini. Jangan lupa untuk bawa jas hujan, dan perlengkapan lainnya agar perjalanan tetap aman dan nyaman.” kata Bondan

Bengkel AHASS memberikan program “GABAN (Ganti Ban) bagi konsumen yang mengganti ban motornya akan mendapatkan diskon berupa voucher sebesar 15 persen yang ada di aplikasi Brompit.

Aplikasi Brompit mempermudah konsumen sepeda motor Honda dalam mengenali dan juga merawat sepeda motor konsumen dimulai dengan layanan booking service tanpa antre, layanan Honda Care dan masih banyak lagi, semua itu bisa didapatkan dengan mudah melalui aplikasi yang bernama Brompit dan sudah tersedia di Google Plays dan App Store.

Selain booking service , MPM Honda Jatim beserta jaringan bengkel AHASS juga ada layanan Pit Express yakni berupa layanan khusus untuk penggantian ban, oli dan fast moving parts lainnya seperti busi, gear seat dan lain-lain cepat tanpa antri. Konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mengganti ban motornya.

Berbagai layanan perawatan yang diberikan kepada konsumen seperti layanan booking service. Konsumen dapat melakukan booking service terlebih dahulu melalui aplikasi Brompit. Dengan booking service, konsumen akan dilayani dan tidak perlu menunggu lama

RELATED
NEWS