NEWS
DETAILS
Jumat, 18 Nov 2022 14:57 - Honda Community Jawa Timur


Di musim hujan seperti ini, bikers harus lebih perhatian pada perawatan motor. Utamanya motor yang sering atau kena air hujan. 
Air hujan yang mengandung zat asam hingga menempel pada komponen motor bisa berdampak kurang baik ke motor.
Untuk itu perhatikan beberapa hal ini dalam melakukan perawatan sepeda motor di musim hujan : 

1.Mencuci Sepeda Motor
Cucilah sepeda motor setelah digunakan di bawah guyuran hujan atau terkena hujan saat motor berada di parkiran. Hal ini untuk menghindari proses korosi akibat zat asam yang terkandung di dalam air hujan. 

Perlu diperhatikan, hindari menggunakan semprotan air bertekanan tinggi saat mencuci sepeda motor untuk menghindari kisi-kisi pendingin radiator rusak. 

2.Periksa Tekanan Angin Ban
Tekanan angin ban sepeda motor yang direkomendasikan berkisar antara 29 psi untuk depan dan 33 psi untuk belakang.  Maksimal pengurangan tekanan angin ban hanya sekitar 2 psi pada tiap ban. 

Hal ini bertujuan untuk membuat area tapakan ban ke permukaan jalan jadi lebih lebar, sehingga daya cengkramnya jadi lebih baik pada permukaan jalan yang basah. Ingat, kondisi jalan basah bisa membuat permukaan jalan jadi lebih licin.  

3.Periksa Komponen Pengereman 
Pemeriksaan komponen pengereman wajib dilakukan secara rutin tanpa harus menunggu datangnya musim hujan. Karena peranti ini adalah salah satu penunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara. 

Bedanya, interval pemeriksaannya jadi lebih cepat untuk untuk menjaga kinerja pengereman tetap optimal, kotoran yang menempel perlu dibersihkan. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela rem setelah berkendara di bawah hujan agar tak ada kotoran yang menempel di celah rem. Kotoran yang menempel di celah rem dapat memperpendek usia pakai rem. 

Periksalah kondisi komponen pengereman mulai dari tuas, kabel hingga ke bagian kanvas rem. Karena bahan kanvas rem yang terbuat dari asbes akan mudah mengembang saat basah dan mengeras saat kering. 

4.Cek Kondisi Rantai 
Selain membersihkan dan melumasi rantai agar tak cepat karat akibat air hujan dan kotoran, periksalah ketegangan rantai motor. Jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendur agar rantai dan gir tidak mudah aus atau mengakibatkan rantai terlapas dari dudukannya. 

Perlu diingat, jarak bebas rantai 2-3 cm. 

5.Periksa Busi dan Tutup (Kop) Busi Motor 
Lakukan pemeriksaan bagian busi untuk memastikan busi dan kop busi masih dalam kondisi bagus untuk mencegah masuknya air ke lubang busi.  Jika terlihat ada rembesan air, maka segera keringkan dengan kain lap agar proses pengapian tak terganggu atau terhambat oleh rembesan air tersebut. 

Guna memastikan seluruh komponen sepeda motor dalam kondisi prima, bawa motor Honda kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan terbaik dari mekanik berpengalaman.

RELATED
NEWS