NEWS
DETAILS
Minggu, 14 Mar 2021 15:11 - Honda Community Jawa Timur

Sejalan dengan upaya pemerintah mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan vokasi industri, PT. Mitra Pinasthika Mulia ( MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor dan suku cadang Honda wilayah Jatim dan NTT meresmikan kerjasama dengan SMKN 2 Pamekasan yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor ( KTBSM ) Astra Honda dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT. (10/3)  

Bertempat di SMKN 2 Pamekasan, peresmian dan penandatanganan MoU Kerjasama Kurikulum TBSM Astra Honda ini merupakan bentuk kontribusi dalam upaya mendukung program pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan dengan sistem “Link and Match” melalui sinkronisasi kurikulum bersama SMK jurusan teknik sepeda motor dengan kebutuhan dunia kerja

" Melalui program kurikulum TBSM Astra Honda ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan mengajarkan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan teknik terkini sesuai perkembangan industri. Peningkatan kompetensi ini juga dilaksanakan dengan standardisasi laboratorium praktik dan memberikan kesempatan praktek kerja industri di jaringan bengkel resmi Honda" kata Hatmarto selaku HR & GA Division Head MPM Honda Jatim.

Hingga saat ini MPM Honda Jatim sudah membina sebanyak 91 SMK yang sudah menjalankan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda (KTBSM).

SMK yang bekerja sama dengan Honda tidak hanya mendapatkan kurikulum teknik sepeda motor Honda, namun juga berbagai kegiatan untuk meningkatkan keahlian siswa dan guru juga diadakan, seperti uji kompetensi guru dan seminar teknologi serta para siswa bisa melaksanakan Praktek Kerja Industri di seluruh jaringan AHASS atau bengkel resmi Honda.

Sekolah yang sudah melakukan MoU dapat memanfaatkan portal resmi Honda yaitu e-Learning dan e-Database. Nantinya, SMK bisa mendownload materi ajar sesuai dengan kurikulum teknik sepeda motor Astra Honda, melihat lowongan pekerjaan untuk lulusan SMK binaan Honda, serta produk-produk terbaru dari Honda.

Program ini merupakan program nasional PT. Astra Honda Motor (AHM) bekerjasama dengan MPM Honda Jatim sebagai salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan, AHM telah memulai program Kurikulim TBSM Astra Honda ini sejak 2009.

RELATED
NEWS