NEWS
DETAILS
Kamis, 09 Nov 2023 07:56 - Honda Community Jawa Timur

Inovasi terus dilakukan Honda Motor Co., Ltd. Terbaru Honda mengembangkan sistem Honda E-Clutch pertama di dunia menurut riset Honda (per Oktober 2023) untuk sepeda motor seperti dikutip dari global.honda.

Honda E-Clutch ini memungkinkan start dan perpindahan gigi dengan mulus tanpa perlu pengendara mengoperasikan tuas kopling ( Pengoperasian pedal perpindahan gigi diperlukan untuk mengganti gigi), dengan mengendalikan kopling transmisi sepeda motor manual multi gear secara otomatis.

Honda E-Clutch adalah teknologi kontrol elektronik yang mewujudkan pengendaraan alami dan mulus melalui kontrol kopling yang disetel secara instan dan halus tanpa pengendara perlu mengoperasikan tuas kopling, untuk performa optimal dalam situasi di mana gaya penggerak berubah, seperti memulai, menghentikan, dan perpindahan gigi.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengendara, kopling dapat dioperasikan secara manual layaknya sepeda motor bertransmisi manual pada umumnya dengan cara meremas tuas kopling, meskipun kopling dikontrol secara elektronik.

Honda E-Clutch adalah sistem yang ringan dan kompak, maka dapat dipasang tanpa perubahan besar pada tata letak mesin yang ada. Honda berencana untuk menerapkan Honda E-Clutch pada model sepeda motor FUN-nya seiring berjalannya waktu.

Honda akan terus mengembangkan teknologi baru yang meningkatkan kualitas pengalaman berkendara dan menyediakan sepeda motor yang memenuhi selera banyak pengendara yang mencari kesenangan dalam berkendara.

Sistem Overview
Honda E-Clutch secara elektronik mengontrol mekanisme transmisi tenaga mirip dengan mekanisme kopling tunggal manual konvensional atau mekanisme transmisi manual, menggabungkan kontrol terkoordinasi mesin (waktu pengapian, injeksi bahan bakar, dll) dan kontrol terkoordinasi kopling sesuai dengan kondisi kendaraan (kendaraan / kecepatan mesin, posisi throttle, posisi gigi, deteksi beban pedal perpindahan, dll.), untuk merespons masukan pengendara. 

Selain itu, pengoperasian kopling manual dengan menggunakan tuas kopling dan kontrol kopling bermotor bersifat independen, memungkinkan pengendara untuk melakukan intervensi secara manual, mewujudkan pengoperasian manual dan kontrol kopling dengan motor.

Sistem dapat dihidupkan atau dimatikan. Saat sistem aktif, pengoperasian kopling dikontrol secara otomatis secara default, dan pengendara untuk sementara dapat beralih ke pengoperasian kopling manual dengan menggunakan tuas kopling.
 Saat sistem mati, pengendara harus mengoperasikan kopling dengan tuas kopling setiap saat (start, perpindahan gigi, dan berhenti).

 

foto : global.honda

RELATED
NEWS