NEWS
DETAILS
Sabtu, 25 Nov 2023 13:21 - Honda Community Jawa Timur

 

#Cari_Aman Berkendara Motor di Malam Hari, Persiapkan Hal ini. 

 

Surabaya, Aktivitas berkendara motor di malam hari cukup berbeda dengan siang hari. Pasalnya, jalanan malam hari biasanya lebih gelap. Untuk itu, bagi para bikers yang akan menuju kegiatan Honda Bikers Day dan harus berkendara malam hari, penting bagi para bikers memperhatiakn beberapa hal berikut agar #Cari_Aman saat di jalan. 

 

1. Pastikan lampu berfungsi baik.

Sebelum berangkat, periksa apakah lampu sepeda motor berfungsi dengan baik. Pastikan lampu depan dan belakang berfungsi normal, termasuk lampu rem dan lampu sein.

 

2. Gunakan perlengakapan berkendara yang sesuai. 

Pastikan para bikers memakai perlengkapan berkendara yang benar dan sesuai seperti menggunakan Helm, Jaket, Sepatu dan Sarung Tangan. Gunakan helm yang sesuai dengan standar keselamatan, memakai jaket yang berwarna terang atau cerah agar para bikers lebih terlihat oleh pengendara lain di jalan. Hal tersebut juga akan memperkecil potensi kecelakaan.

 

“Jangan lupa untuk mempersiapkan jas hujan untuk menghadapi kondisi hujan yang tiba-tiba muncul di malam hari. “ kata Dimas Satria Kelana, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

 

3. Menggunakan kaca spion dengan benar.

Atur kaca spion sebelum mulai berkendara agar para bikers dapat melihat kendaraan lain di belakang dengan jelas.

 

4. Pelan-pelan dan waspadai kecepatan: 

Berkendara lebih lambat daripada Anda biasanya lakukan di siang hari. Jalan yang lebih gelap dapat menyulitkan Anda melihat rintangan atau bahaya di depan.

 

5. Hindari Menggunakan Ponsel atau Gadget Lain: 

Hindari mengalihkan perhatian para bikers dari jalan, terutama saat berkendara di malam hari.

 

6. Jaga jarak aman.

Pastikan untuk menjaga jarak yang cukup dengan kendaraan di depan, sehingga para bikers memiliki waktu yang cukup untuk bereaksi jika terjadi situasi darurat.

 

“Hindari berkendara dengan cuaca buruk. Berkendara di malam hari dalam kondisi hujan atau berkabut bisa sangat berbahaya. Jika memungkinkan, hindari berkendara dalam kondisi cuaca yang tidak baik.” tambah Dimas.

 

7. Periksa ban secara berkala:

 Pastikan ban sepeda motor para bikers dalam kondisi baik dan memiliki tekanan yang sesuai. Ban yang kurang tekanan dapat mengurangi kendali.

 

“ Sebelum melakukan perjalanan pastikan pula kondisi kesehatan para bikers tetap fit agar aktivitas berkendara tidak terganggu sebab berkendara malam hari dengan sepeda motor memerlukan perhatian ekstra dan persiapan yang baik agar nyaman dan #Cari_Aman saat di jalan.”tutup Dimas.

RELATED
NEWS